Langsung ke konten utama

Kisah Nabi Ayyub AS

Hai teman-teman gimana kabarnya?? Alhamdulillah kabar saya baik, mohon maaf ya tidak pernah upload cerita/wawasan lagi, mohon dimaklumi Insyaallah kedepannya bakal upload terus kok😊, nah kali ini saya akan teruskan cerita nabi lagi yaitu Nabi Ayyub/Ayub AS yuk simak ceritanya.

Kisah Nabi Ayub AS



Nabi Ayub AS adalah putra ish bin ishak bin Ibrahim. Nabi ayub adalah seorang yang kaya raya. Istrinya banyak, anaknya banyak, hartanya melimpah ruah dan ternaknya tak terbilang jurniah. Ia hidup makmur dan sejahtera. Walau demikian ia tetap tekun beribadah. Segala nikmat dan kesenangan yang dikaruniakan kepadanya tak sampai melupakan Allah, ia gemar berbuat kebajikan, suka menolong orang yang menderita terlebih dari golongan fakir miskin.


Cobaan Silih Berganti



Para Malaikat  di langit terkagum-kagum dan sama membicarakan ketaatan Ayub dan keikhlasannya dalam beribadah kepada Allah, Iblis yang mendengar pembicaraan itu merasa iri dan ingin menjerumuskan Ayub agar menjadi orang yang tidak sabar dan celaka. Pertama Iblis mencoba sendiri menggoda Nabi Ayub agar tersesat dan tak mau bersyukur kepada Allah. Namun ia gagal. Nabi Ayub tak tergoyahkan.


Iblis kemudian menghadap Allah. Minta izin untuk menggoda Nabi Ayub : "Wahai tuhan, sesungguhnya Ayub yang senantiasa patuh dan berbakti menyembah-Mu, senantiasa memuji-Mu tak lain hanyalah karena takut kehilangan kenikmatan yang telah engkau berikan kepadanya. Semua ibadah tidak ikhlas dan bukan karena cinta dan taat kepada-Mu. Andai kata ia terkena musibah dan kehilangan harta benda, anak-anak dan istrinya belum tentu ia akan taat dan tetap ikhlas menyembah-Mu."

Allah berfirman kepada Iblis : "Sesungguhnya Ayub adalah hamba-Ku yang sangat taat kepada-Ku, ia seorang mu'min yang sejati. Apa yang ia lakukan untuk mendekatkan diri kepada-Ku adalah semata-mata didorong iman yang teguh kuat dan taat yang bulat kepada-Ku. Iman dan taqwanya takkan tergoyang oleh perubahan keadaan duniawi. Cintanya kepada-Ku dan kebijakannya tidak akan menurun dan menjadi berkurang walau ditimpa musibah apapun yang melanda dirinya hartanya. Ia yakin bahwa apa yang ia miliki adalah pemberian-Ku yang sewaktu-waktu dapat Aku cabut dari padanya atau menjadikannya berlipat ganda. Ia bersih dari segala tuduhan dan prasangkamu.

Engkau tidak rela melihat hamba-hamba-Ku anak cucu Adam berada di atas jalan yang lurus. Untuk menguji keteguhan hati Ayub dan keyakinannya pada takdir-Ku. Kuizinkan kau menggoda dan memalingkannya dari-Ku. Kerahkan pembantu-pembantu-pembantumu  untuk menggoda Ayub melalui harta dan keluarganya. Cerai berikanlah keluarganya yang rukun damai sejahtera itu. Lihatlah sampai di mana kemampuanmu untuk menyesatkan hamba-Ku, Ayub itu."

Demikianlah, iblis dan para pembantunya kemudian mulai menyerbu keimanan Ayub. Mula-mula mereka membinasakan hewan ternak peliharaan Nabi Ayub satu persatu hewan-hewan itu mati bergelimpangan disusul lumbung-lumbung gandum dan lahan pertanian Nabi Ayub terbakar dan musnah, iblis mengira Ayub akan berkeluh-kesah setelah kehilangan ternak dan lahan pertanian nya itu. Namun Ayub tetap berbaik sangka kepada Allah. Harta adalah titipan Allah suatu waktu itu dapat saja di ambil lagi.

Berikutnya iblis dan pembantu-pembantunya mendatangi putra putra Nabi Ayub di gedung yang besar dan megah titik mereka goyang-goyangkan tiang-tiang gedung sehingga gedung itu kemudian robot dan anak-anak Nabi Ayub mati semua.

Iblis mengiranya usahanya berhasil menggoyahkan Iman Nabi Ayub yang sangat menyayangi putra-putranya itu, namun Nabi Ayub Berserah diri kepada Allah. Nabi Ayub bersedih hati dan menangis tapi jiwa dan hatinya tetap kokoh dalam keyakinan bahwa jika Allah yang Maha Pemberi menghendaki semua ini maka tak ada seorangpun mampu menghalangi-Nya.

Selanjutnya iblis menaburkan baksil di sekujur tubuh Nabi Ayub sehingga beliau menderita sakit kulit yang menjijikan. Keluarga dan tetangganya menjauhinya. Istri-istrinya banyak yang melarikan diri. Hanya seorang yang setia mendampinginya yaitu Rahma.

Para tetangga Nabi Ayub tidak mau tertular penyakit, sehingga mereka terutama kaum Ibu secara terang-terangan mengusir Nabi Ayub Dari perkampungan.

Mereka pergi ke ujung desa, dekat pembuangan sampah. Namun di sana orang-orang yang tidak terima. Mereka tetap mengusir Nabi Ayub. Maka Pergilah Nabi Ayub dan Rahmah ke sebuah tempat yang sepi dari manusia.

Waktu 7 tahun dalam penderitaan terus-menerus memang merupakan ujian berat bagi Ayub dan Rahmah. Namun Nabi Ayub bisa bersabar dan tetap berdzikir menyebut asma Allah.
Untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Rahmah terpaksa bekerja pada pabrik roti titik pagi berangkat sore nya kembali ke rumah pengasingan titik namun lama-lama majikan mengetahui jika Rahmah adalah istri Nabi Ayub yang berpenyakitan. Mereka khawatir Rahmah diberhentikan dari pekerjaannya.

Rahmah yang setia ini masih memikirkan suaminya. Iya meminta majikan agar memberikannya hutang roti. Majikan menolak titik majikan hanya mau memberi roti jika Rahmah rela memotong gelung rambutnya yang panjang, padahal gelung rambut itu sangat disukai suaminya.

Rahmah akhirnya setuju titik namun di rumah Nabi Ayub menyangka Rahmah telah menyeleweng, padahal tidak. Pada suatu hari mungkin karena tidak tahan dalam penderitaan atau karena apa. Rahma pamit meninggalkan suaminya. Ia akan bekerja untuk menghidupi suaminya. Nabi Ayub melarangnya, namun Rahma tetap pergi sembari berkeluh-kesafi.

" Kiranya kau telah terkena bujukan setan, sehingga berkeluh kesah atas takdir Allah, "Awas kelak jika aku sudah sembuh kau akan ku pukul 100 kali. Mulai saat ini tinggalkan aku seorang diri, Aku tidak membutuhkan pertolonganmu sampaiAllah menentukan takdir-Nya.

Setelah ditinggal Rahmah, satu-satunya orang yang masih menyayangi dan merawatnya gini Nabi Ayub hidup seorang diri. Di dalam kamarnya ia bermunajat kepada Allah:"Ya Allah, aku telah diganggu oleh setan dengan kepayahan dan kesusahan serta siksaan dan Engkau wahai Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Allah menerima doa Nabi Ayub yang telah mencapai puncak kesabaran dan keteguhan iman dalam menghadapi cobaan. Berfirman Allah kepada Nabi Ayub: "Hantamkanlah kakimu ke tanah. Dari situ air akan memancar dan dengan air itu kau akan sembuh dari semua penyakitmu. Ksehatan dan kekuatan mu akan pulih kembali titik jika kau pergunakan untuk minum dan mandi."

Demikianlah, setelah Nabi Ayub minum dan mandi air yang memancar dari bawah kakinya, maka ia sembuh seperti sedia kala.

Sementara itu Rahmah yang telah pergi meninggalkan Nabi Ayub lama-lama merasa kasihan dan tak tega membiarkan Nabi Ayub seorang diri. Ia datang menjenguk, namun ia tak mengenali suaminya lagi, Karena Nabi Ayub sudah sembuh dan keadaannya jauh lebih baik dari sebelumnya. Lebih sehat dan lebih tampan. Nabi Ayub gembira melihat istrinya kembali, namun ia ingat sumpahnya yaitu ingin memukul istri 100 kali ia harus melaksanakan sumpah itu. Kini ia bimbang, istrinya sudah turut menderita sewaktu bersama-sama dengannya selama 7 tahun ini, Akankah ia memukul nya 100 kali.

Dalam kebimbangan datanglah wahyu Allah yang memberikan jalan keluar. firman Allah: " Hai Ayub, Ambillah Lidi 100 buah dan pukullah istrimu itu sekali saja, dengan demikian tertebus lah sumpahmu."

Ya dengan lidi 100, dipukulkan Pelan sekali, maka sumpahnya sudah terlaksana, berkat kesabaran dan keteguhan imannya Nabi Ayub dikaruniai lagi harta benda benda yang melimpah ruah titik dari Rahmah Ia mendapat anak bernama Basyar, di kemudian hari Ia mendapat julukan Dzulkifli artinya: Punga Sanggup. Dzulkifli akhirnya juga menjadi nabi.

Ya Sekian sudah cerita Nabi Ayub AS jika ada salah kata/kalimat atau cerita saya mohon maaf karena saya sumbernya dari buku, Jangan lupa sering" mampir diblogger saya ya😊.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Nabi Ishaq As

Hai Kawan-kawan kali ini saya akan memberikan kisah Nabi Ishaq As beliau sesudah nabi Ismail As langsung simak ceritanya

Kisah Nabi Yakub As

Hai Kawan-kawan!! Kali ini saya akan memberikan kisah Nabi Yakub As beliau seseorang yang sesudah nabi Ishaq As langsung simak ceritanya

Kisah Nabi Adam As

Hai Teman-teman!! Kali ini saya akan menjelaskan tentang Nabi Adam As beliau adalah nabi pertama kita atau manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT langsung simak ceritanya yuk..